IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TEMA 8 PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Risniyanti, Indah Dwi (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TEMA 8 PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PGMI_23040160012_INDAH DWI RISNIYANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Risniyanti, Indah Dwi. 2020. Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Tema 8 pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) tema 8 pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) tema 8 pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor, untuk mengetahui keberhasilan implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) tema 8 pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Sumber data ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan menunjuk langsung informan yang dapat memberikan informasi yang valid dan akurat menyangkut topik yang sedang diteliti. Sedangkan dalam teknik pengumpulam data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data model alir yaitu meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) tema 8 pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) tema 8 pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga dilaksanakan melalui jaringan web (internet) yang bisa dilaksanakan dimanapun dan kapanpun. 2. Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga yaitu: (a) Faktor pendukung implementasi pembelajaran daring di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga meliputi minat belajar siswa yang baik, lingkungan keluarga yang harmonis, ketersediaan perangkat dan media pembelajaran serta lingkungan tempat tinggal yang nyaman. (b) Faktor penghambat implementasi pembelajaran daring di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga meliputi minat belajar siswa yang kurang baik, lingkungan keluarga yang kurang harmonis, kurangnya perangkat dan media pembelajaran, lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif, kurang bijak dalam penggunaan media elektronik. 3. Implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) di MI Ma’arif Tingkir Lor dikatakan berhasil. Keberhasilan ini dilihat dari respon atau tanggapan siswa serta nilai-nilai harian siswa yang diatas KKM. Nilai harian siswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) rata-rata sebesar 85.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 14:22
Last Modified: 19 Oct 2020 14:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item