Hidayati, Suci (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI SUCI HIDAYATI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Hidayati, Suci. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Minat Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2020. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan penalaran matematis, kemandirian belajar, minat belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar dan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar dan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di sekolah SMP Negeri 2 Banyubiru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data yang penting. Kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang memiliki kemandirian belajar dan minat belajar yang tinggi berjumlah 2 siswa. Kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kemandirian belajar dan minat belajar yang tinggi menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi ke empat indikator penalaran matematis. Siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar dan minat belajar yang sedang berjumlah 5 siswa. Kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kemandirian belajar dan minat belajar sedang menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator penalaran matematis tetapi ada satu indikator yg tidak terpenuhi. Siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar dan minat belajar yang rendah berjumlah 3 siswa. Kemampuan penalaran matematis siswa dengan tingkat kemandirian belajar dan minat belajar rendah tidak mampu memenuhi indikator penalaran matematis. 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar dan minat belajar yang terbagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu tingkat kecerdasan, minat dan kemauan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan faktor eksternal yaitu kondisi lingkungan di sekitar siswa yang masih kurang mendukung daya nalar dan kemampuan berpikir siswa.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 14:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 14:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9218 |
Actions (login required)
View Item |