IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH Study Pada Guru MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020

Zunaika, Galuh Astri (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH Study Pada Guru MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI GALUH PGMI Final.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zunaika, Astri, Galuh. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Study Pada Guru MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Madrasah Ibtidaiyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring di MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen, untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pembelajaran daring di MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen dan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembelajaran daring di MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Ditemukan secara empiris, penerapan pembelajaran daring di MI Istiqomah Ma’arif NU Mojokerto Kabupaten Sragen dalam implementasi pembelajaran daring semua guru menggunakan model pembelajaran daring secara sinkron, yaitu aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajarannya dan pelaksanaan pembelajaran daring, guru mengacu pada Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 pasal 20 yaitu guru merecanakan (dengan membuat RPP daring), melaksanakan (dengan pembelajaran daring), dan mengevaluasi (dengan memberi latihan soal setiap setelah pembelajaran). Faktor pendukung implementasi pembelajaran daring meliputi; (1) Alat komunikasi yang memadai, (2) Manajemen pendidikan yang baik , (3) SDM (Sumber Daya Manusia) pada guru, (4) SDM (Sumber Daya Manusia) pada siswa. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran daring meliputi; (1) Koneksi internet, (2) Alat komunikasi yang kurang memadai, (3) Kemampuan siswa dalam mengopersikan WhatsApp, (3) Orangtua yang gagap teknologi dan (4) Kurangnya support belajar dari orangtua. Dari hasil implementasi pembelajaran daring kelas bawah dengan sampel kelas 2 hasil evaluasinya 100% tuntas dan kelas atas yaitu kelas 6 hasil evaluasinya 100% tuntas.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 21:37
Last Modified: 19 Oct 2020 14:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item