UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VII C DI MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

AHMAD, LAVERDA EVAN FAUZIAH (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VII C DI MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Laverda fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad, Laverda Evan Fauziah. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika materi Segiempat dan Segitiga menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII C di MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata kuci : Hasil Belajar; Matematika; dan Student Team Achievement Division (STAD) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII C di MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi segiempat dan segitiga pada kelas VII C di MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2018/2019 dengan KKM mata pelajaran matematika sebesar 73 rata-rata kelasnya hanya mencapai 47,2 dengan persentasi ketuntasan 0%. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan kolabiratif. Peneliti dan guru memutuskan untuk menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student team achievemnt division (STAD) sebagai alternatif pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VII C MTs Negeri Salatiga. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII C semester II di MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari siklus I siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa dengan persentase 78,9%. Siklus II yang tuntas bertambah menjadi 34 siswa dengan persentase 89,4%. Penelitian dinyatakan berhsil adalah ketika 85% siswa dikelas dapat mencapai nilai KKM, sehingga Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil dan efektif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 09:46
Last Modified: 21 Oct 2020 03:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item