IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ANWAR, OKTAVIYANTI (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
oktaviyanti anwar 165 pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anwar, Oktaviyanti 2020.Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa PandemiCovid-19 di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran E-Learning, dan Starategi Guru. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun 2019/2020. 2) Untuk Mengetahui Strategi Guru dalam PembelajaranE-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun2019/2020 3) Untuk Mengetahui Problematika dalamPembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, waka kurikulum dan siswa. Temuan penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pembelajaran berbasis E-learning pada masa pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah plus Salatiga dibagi menjadi tiga yaitu perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah yaitu adanya kurikulum darurat atau kurikulum covid sebagai penyesuaian dengan kondisi pandemi yaitu melaksanakan pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid. Pelaksanaan pembelajaran e-learning yaitu dengan penggunaan aplikasi sebagai pendukung dari pembelajaran e-learning seperti penggunaan google classroom, youtube, zoom, dan whatsApp, selain itu adanya penyusunan jadwal, pemberian tugas, serta melakukan kegiatan mutabaah uyaumiyah. Evaluasi pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid yaitu dengan penilaian tes dan non tes. Tes dilakukan secara tertulis melalui google classroom sedangkan non tes dilakukan dengan mengisi jurnal pembiasaan dirumah, dengan kolaborasi pemantauan orang tua. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru pada masa pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Plus Salatiga ini seperti mengirim video pembelajaran, menghubungi siswa melalui media WhatsApp dengan menanyakan materi ataupun tugas yang telah diberikan oleh guru, memberikan game pembelajaran serta mengadakan adanya tim Edutainment.3) Problematika dalam implementasi pembelajaran E-Learning pada masa pandemi covid di SD Muhammadiyah Plus Salatiga antara lain, jaringan komunikasi dari siswa seperti susahnya sinyal, terbatasnya kuota, pengukuran penilaian afektif, dan psikomotrik dalam hal ini guru merasa kesulitan ketika menilai dari penilaian afektif dan psikomotoriknya karena guru tidak memantau secara langsung kepada siswa, pembagian waktu dengan siswa, kurangnya motivasi dari orangtua yang diberikan kepada anak, dan masih ada nilai dibawah standar yang ditentukan oleh guru. Beberapa solusi unttuk mengatasi problematika yang ada antara lain, pengurangan tugas yang diberikan, memberikan penjelasan kepada orangtua supaya anak bisa tetap semangat, penggunaan metode seperti diorama penugasan proyek dan media yang digunakan seperti ular tangga.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:04
Last Modified: 21 Oct 2020 11:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item