Almusyafa, Enggin (2020) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 SALATIGA. [UNSPECIFIED]
Text
Enggin Almusyafa_23070150051.pdf Download (4MB) |
Abstract
Almusyafa, Enggin. 2019. Hubungan Kediplinan dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 5 Salatiga. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kedisiplinan, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni menggunakan angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kedisiplinan siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga tergolong rendah. Dimana siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga yang memiliki kedisiplinan tinggi sebanyak 8%, siswa yang memiliki kedisiplinan cukup sebanyak 6%, siswa yang memiliki memiliki kedisiplinan kurang sebanyak 22%, dan siswa yang memiliki kedisiplinan rendah sebanyak 64%. Prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga tergolong tinggi. Dimana siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga yang memiliki prestasi belajar matematika yang tinggi sebanyak 38%, siswa yang memiliki prestasi belajar cukup sebanyak 2%, siswa yang memiliki memiliki prestasi belajar kurang sebanyak 36%, dan siswa yang memiliki pretasi belajar rendah sebanyak 14%. Terdapat hubungan positif dan signifikan kedisiplinan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga. nilai rhitung lebih dari rtabel (0,969 > 0,3610) dengan interpretasi sangat kuat dan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,01 pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, terdapat hubungan positif dan signifikan kedisiplinan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 20:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 01:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9337 |
Actions (login required)
View Item |