NURMANITARI, PUTRI (2020) Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Berbasis Google Form Materi Tekanan Zat dan Penerapannya pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 4 Salatiga. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI-PUTRI NURMANITARI-23060160017-IPA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi miskonsepsi dan kesulitan dalam melakukan identifikasi menggunakan Three-Tier Diagnostic Test berbasis Google Form materi tekanan zat dan penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Salatiga pada peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik berwujud pilihan ganda bertingkat. Pada tingkat pertama berisi jawaban peserta didik, kemudian alasan dari jawaban, dan terakhir tingkat keyakinan atau Certainty of Response Index (CRI). Analisis data dilakukan dengan mencari persentase miskonsepsi dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik mengalami miskonsepsi dengan persentase rata-rata sebesar 31,17% yang tergolong miskonsepsi kategori sedang. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep lebih besar daripada kategori lain yaitu sebesar 66,17%. Nilai peserta didik yang paham konsep tetapi kurang yakin sebesar 0,67% dan nilai rata-rata peserta didik yang tidak paham konsep sebesar 2%. Kesulitan identifikasi miskonsepsi dikarenakan peserta didik banyak yang tidak mengetahui cara pengerjaan dari tes diagnostik dan tes dilakukan secara online menggunakan google form.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 21:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 21:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9340 |
Actions (login required)
View Item |