INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ORGANISASI IN-SANTRI BERBASIS LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020

Mahfiz, Zein Chairul (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ORGANISASI IN-SANTRI BERBASIS LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI REVISIAN MUNAQOSYAH 2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Zein Chairul Mahfiz. 2020. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Organisasi In-Santri Berbasis Life Skill di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai pendidikan karakter, Organisasi In-Santri, dan Life Skill Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui apa peran organisasi InSantri dalam pembentukan karakter dan pengembangan life skill santri di PPTI Al-Falah Salatiga. 2). Untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui organisasi In-Santri berbasis life skill di PPTI AlFalah Salatiga. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui organisasi In-Santri berbasis life skill di PPTI Al-Falah Salatiga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina, ketua dan anggota organisasi sebagai informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Peran Organisasi In-Santri dalam pembentukan karakter dan pengembangan life skill santri dapat terlihat melalui nilai-nilai karakter yang nampak pada diri santri dan life skill yang dimiliki oleh para santri. Di antara karakter yang nampak pada santri adalah sikap religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, kerja keras, menghargai prestasi, kreatif dan komunikatif. Adapun life skill yang dimiliki santri adalah kecakapan belajar terus menerus, kecakapan memanfaatkan teknologi, kecakapan berkomunikasi, berfikir, bersosial, dan kecakapan mengelola sumber daya. (2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui organisasi In-Santri Berbasis life skill di PPTI Al-Falah Salatiga pelaksanaannya dengan membiasakan santri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai karakter, kemudian menginternalisasi nilai karakter tersebut melalui kegiatan pemberian bimbingan, motivasi, arahan, perhatian, pendekatan keteladanan, pendekatan intelektualistik dan pendekatan aktualistik. (3) Faktor pendukung yaitu : pengasuh pondok pesantren sangat mendukung dengan adanya organisasi ini, dewan asatidz dan guru, pembimbing organisasi, anggota organisasi dan fasilitas yang ada di organisasi juga sangat mendukung berjalannya organisasi. Faktor penghambatnya yaitu: konsistensi santri untuk aktif di organisasi yang masih rendah, jiwa kepemimpinan yang masih rendah, komunikasi antar anggota yang masih belum terbentuk dengan sempurna.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 22:23
Last Modified: 23 Oct 2020 08:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item