Istiqomah, Nurul (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA. [UNSPECIFIED]
Text
eprint_NURUL ISTIQOMAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Istiqomah, Nurul. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Implikasinya Terhadap Karakter Disiplin Belajar Siswa. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Karakter Disiplin Permasalahan karakter bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Hampir di setiap bidang kehidupan tidak terlalu sulit untuk menunjukkan rendahnya karakter bangsa. Generasi muda menjadi sorotan utama dalam rendahnya kualitas karakter. Semakin rusak karakter generasi mudanya maka bangsa itu akan hancur, sebaliknya semakin baik dan bermoralnya generasi muda, maka bangsa itu akan semakin baik dan maju. Novel Sepatu Dahlan ini merupakan salah satu penyampaian penanaman nilai-nilai karakter kepada pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara serta implikasinya terhadap karakter disiplin. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai karakter pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara; (2) Bagaimana nilai-nilai karakter pada pendidikan Islam; (3) Bagaimana implikasi nilai-nilai karakter pada novel Sepatu Dahlan terhadap karakter disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research). Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan literatur dan teks sebagai objek utama analisis yaitu novel Sepatu Dahlan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka dan dokumentasi guna menjadi referensi dalam penyusunan skripsi ini. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis), dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter dalam novel Sepatu Dahlan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial dan tanggung jawab; (2) Pendidikan karakter dalam pendidikan Islam meliputi sidiq, amanah, fathonah dan tablig; (3) Implikasi nilai-nilai karakter novel Sepatu Dahlan terhadap karakter disiplin siswa yaitu mengembangkan pemahaman dan penanaman nilai karakter dengan tujuan membentuk pribadi peserta didik yang baik melalui metode cerita serta latihan pembiasaan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 06:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9342 |
Actions (login required)
View Item |