PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams-Achievement Divisions (STAD) BERBANTU ALAT PERAGA TAR DETECTOR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUSTANIDA, MILLATUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams-Achievement Divisions (STAD) BERBANTU ALAT PERAGA TAR DETECTOR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MILLATUL MUSTANIDA_23060160084_TADRIS IPA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mustanida, Millatul.2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Berbantu Alat Peraga Tar Detector Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Alat Peraga Tar Detector. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi zat aditif dan adiktif melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yangmana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Salatiga dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan ini terjadi selama pra siklus sampai dengan siklus II. Pada Pra siklus siswa yang hasil belajarnya tuntas sebanyak 2 siswa (6,25%), sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 30 siswa (90,75%), dengan nilai rata-rata 49,87. Pada tahap siklus I jumlah siswa yang hasil belajarnya tuntas sebanyak 13 siswa (40,62%), sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 19 siswa (50,38) dengan nilai rata-rata 67,62. Pada tahap Siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya tuntas sebanyak 29 siswa (90,62%), sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (9,38%) dengan nilai rata-rata 88,12.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 05:22
Last Modified: 22 Oct 2020 05:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item