IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KELAS 1 SD PLUS TAHFIZHUL QUR'AN AN-NIDA SALATIGA TAHUN 2020

ULFAH, LAILA (2020) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KELAS 1 SD PLUS TAHFIZHUL QUR'AN AN-NIDA SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI LAILA ULFAH (PGMI) 189.pdf

Download (3MB)
[img] Text
REVISI LAILA ULFAH (PGMI) 189.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Kelas 1 Sekolah Dasar. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan suatu program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam upaya memperkuat kembali karakter peserta didik melalui berbagai kegiatan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan oleh instansi pendidikan untuk menanamkan karakter pada peserta didik sejak dini. Diantaranya adalah melalui kegiatan pembiasaan, terintegrasi dalam materi pelajaran, maupun melalui penugasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana program penguatan pendidikan karakter tersebut diimplementasikan di kelas 1 SD Plus Tahfizhul Qur’an An-Nida Salatiga Tahun 2020, serta berbagai faktor yang mendukung dan menghambat dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di kelas 1 SD Plus Tahfizhul Qur’an An-Nida Salatiga dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, empat orang guru dan 5 orang siswa kelas 1 SD Plus Tahfizhul Qur’an An-Nida Salatiga. Hasil penelitian tentang implementasi penguatan pendidikan karakter di kelas 1 SD Plus Tahfizhul Qur’an An-Nida Salatiga ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di sekolah ini diimplementasikan dalam kegiatan pembiasaan melalui budaya sekolah, terintegrasi dalam materi pelajaran serta melalui penugasan dengan pendampingan orang tua di rumah. Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi penguatan pendidikan karakter di kelas 1 SD PTQ An-Nida Salatiga ini diantaranya adalah kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa, adanya kegiatan Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG), fasilitas sekolah yang mendukung, hubungan yang baik antar teman sejawat (sesama guru), adanya buku mutabaah dan pendampingan dari guru tahfizh. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan penguatan pendidikan karakter ini adalah kurangnya dukungan dan kerjasama dari orang tua siswa, karakteristik siswa kelas 1, serta kurangnya motivasi siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:06
Last Modified: 22 Oct 2020 05:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item