IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAKUL KARIMAH BAGI SANTRI DI PP. AL IHSAN AL AMIN KECANDRAN, SALATIGA TAHUN 2020

AZIZAH, SANIATI NUR (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAKUL KARIMAH BAGI SANTRI DI PP. AL IHSAN AL AMIN KECANDRAN, SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_ SANIATI NUR AZIZAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Azizah, Saniati, Nur. 2020. Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Akhlakul Karimah Bagi Santri Di PP. Al Ihsan Al Amin Kecandran Salatiga Tahun 2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Wahyudhiana, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah Perkembangan pendidikan di era disrupi berpengaruh terhadap generasi muda. Banyak pemuda selalu update dengan teknologi, tetapi belum memiliki perilaku yang baik. Gejala kemerosotan moral yang mengkhawatirkan, mendorong pendidikan agama Islam untuk mengoptimalkan pembentukan akhlak generasi penerus bangsa. Pembentukan akhlak tidak hanya sebatas pada aspek pengetahuan tetapi juga penjiwaan dan pengamalan. Pondok pesantren dalam mengamalkan ajaran Islam menitikberatkan pada moralitas dan akhlak yang berpengaruh dalam aspek kesederhanaan dan keikhlasan santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan agama Islam dalam rangka meningkatkan akhlakul karimah bagi santri di Pondok Pesantren Al Ihsan Al Amin serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengasuh, ustadz, santri dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan, profil pondok pesantren Al Ihsan Al Amin Kecandran. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi pendidikan agama Islam dalam rangka meningkatkan akhlakul akrimah bagi santri dapat dilaksanakan melalui kegiatan belajar mengajar (pengajian Al Qur’an dan kitab), kegiatan rutinan santri di dalam maupun di luar pondok, melalui bimbingan. Kedua, faktor pendukung implementasi pendidikan agama Islam dalam rangka meningkatkan akhlakul karimah bagi santri ada dua, yaitu faktor internal (ketegasan, kemauan, kedisiplinan) serta faktor eksternal waktu dan lingkungan). Ketiga, faktor penghambat implementasi pendidikan agama Islam dalam rangka meningkatkan kualitas akhlakul karimah bagi santri, yaitu faktor internal berupa kondisi fisik yang tidak mendukung, kenakalan santri, komitmen dalam diri serta faktor eksternal berupa keterbatasan tempat, sarana dan prasarana, pengaruh lingkungan, dan sistem pondok yang bertumpu pada kampus tempat santri kuliah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:54
Last Modified: 22 Oct 2020 03:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item View Item