IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURHAYATI, (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Nurhayati PAI 23010160271.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayati, 2020. Implementasi Nilai-nilai Keislaman Pada Siswa Di SMK Muhammadiyah Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Nilai-nilai Keislaman Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) mengetahui implementasi nilainilai keislaman pada siswa di SMK Muhammadiyah Ungaran 2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam implemantasi nilainilai keislaman di SMK Muhammadiyah Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dari hasil penelitian diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Subjek penelitian yang menjadi data primer ialah Kepala Sekolah, guru PAI, guru BK, dan siswa. Metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ialah menggunakan Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Implementasi Nilai-nilai Keislaman pada Siswa di SMK Muhammadiyah Ungaran. Sekolah melakukan upaya pembiasaan dalam penerapan nilai keislaman melalui praktek/kegiatan keagamaan yaitu pelaksanaan sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah dan kultum, tadarus Al-Qur?an, bakti sosial dan apel pagi. Dalam proses implementasinya guru dengan pemberian contoh kepada siswa, nasehat, dan pemberian hukuman atau sanksi bagi siswa yang tidak mau menjalankan apa yang telah ditetapkan Sekolah, berupa pembinaan hukuman mendidik. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai keisalaman pada siswa yaitu adanya kerjasama antar guru satu dengan yang lainya, adanya sebuah pembinaan terhadap siswa. Faktor penghambat yaitu timbulnya rasa males, menunda-nunda, terdapat siswa yang kurang respon, dan belum siap dengan pembiasaan yang telah diprogramkan oleh Sekolah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 10:03
Last Modified: 22 Oct 2020 10:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item