STRATEGI DAN KONTRIBUSI SUPERVISIKOLABORATIF PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU PAI SD (STUDI DI KABUPATEN BANGKATAHUN 2016)

RUSHANDA, RUSHANDA (2016) STRATEGI DAN KONTRIBUSI SUPERVISIKOLABORATIF PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU PAI SD (STUDI DI KABUPATEN BANGKATAHUN 2016). Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Rushanda 2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI DAN KONTRIBUSI SUPERVISI KOLABORATIF PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU PAI SD (Studi di Kabupaten Bangka Tahun 2016) Sebelum tahun ajaran 2014/2015 pengawas PAI di Kabupaten Bangka dalam menjalankan tugas supervisi justru cenderung ke arah negatif seperti: (1) lebih mengedepankan kekuasaan daripada kemitraan sehingga komunikasi bersifat satu arah, (2) mencari-cari kesalahan sehingga menimbulkan rasa takut di kalangan guru PAI, (3) cepat mengharapkan hasil dan mengutamakan nilai belajar daripada perbaikan proses pembelajaran. Secara khusus penelitian ini menjawab perumusan masalah yang telah disusun yaitu bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi supervisi kolaboratif yang dijalankan pengawas PAI dalam rangka peningkatan kinerja guru PAI SD di Kabupaten Bangka. (2) Mengetahui kontribusi supervisi kolaboratif yang dijalankan pengawas PAI terhadap peningkatan kinerja guru PAI SD di Kabupaten Bangka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan pendekatan collaborative social research approach. Metode pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan observasi termasuk mengamati lembar observasi pengawas dan guru PAI selama dilangsungkannya supervisi kolaboratif. Berdasarkan hasil temuan yang relevan dengan teori yang ada, dapat disimpulkan bahwa strategi supervisi kolaboratif yang dijalankan pengawas PAI dalam rangka peningkatan kinerja guru PAI SD di Kabupaten Bangkadengan menawarkan model atau strategi pembelajaran yang perlu diperbaiki, menanyakan pendapat guru tentang tujuan pelaksanaan supervisi, mendengarkan pandangan guru, mengajukan alternatif pemecahan masalah, serta bersama guru membahas tindakan dan menetapkan rencana bersama. Adapun kontribusi supervisi kolaboratif yang dijalankan pengawas PAI terhadap peningkatan kinerja guru PAI SD di Kabupaten Bangka berupa pengembangan profesionalitas guru, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:48
Last Modified: 05 Oct 2016 03:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item