MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (Studi Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMPIT Nurul Islam Tengaran 2019/2020)

Nisa, Fahrun (2020) MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (Studi Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMPIT Nurul Islam Tengaran 2019/2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI FAKHRUN NISA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nisa’, Fakhrun. 2020. Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi, Program Studi Agama Islam. Jurusan Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen; Sekolah Berbasis Pesantren; Prestasi Akademik; Prestasi Non Akademik Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen sekolah berbasis pesantren dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa. (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen sekolah berbasis pesantren dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa, (4) mendeskripsikan keberhasilan manajemen sekolah berbasis pesantren dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, obsservasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: memperoleh data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) manajemen sekolah berbasis pesantren yang diterapkan SMPIT Nurul Islam untuk mengembangkan prestasi akademik nan non akademik siswa telah menunjukkan sistem yang berjalan dengan baik. (2) Strategi yang dilakukan kepala sekolah diwujudkan melalui beberapa kegiatan yaitu dengan melakukan bimbingan belajar pada siswa, menumbuhkembangkan bakat dan potensi siswa melalui kegiatan kesiswaan, pengembangan kegiatan pembelajaran siswa, melakukan upgrade kepada para pelatih lomba, dan memberikan motivasi pada siswa.(3) Faktor pendukungnya adalah guru yang memiliki semangat untuk menjaga dan meningkatkan prestasi, dorongan dan semangat yang diberikan oleh orang tua siswa kepada pihak sekolah, dan banyaknya jumlah peserta didik yang ada di SMPIT Nurul Islam Tengaran. Sedangkan faktor penghambat manajemen sekolah berbasis pesantren di SMPIT Nurul Islam Tengaran dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa adalah kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan padatnya kegiatan siswa di asrama. (4) Keberhasilan manajemen sekolah berbasis pesantren dalam mengembangkan prestasi akademik dan non akademik siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran adalah dengan bertambahnya jumlah peserta didik tahun ajaran 2020/2021 dan banyaknya jenis prestasi yang diraih oleh sekolah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 08:55
Last Modified: 23 Oct 2020 08:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item