EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIPPER SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGADIREJO TEMANGGUNG

SEPTYANI, NUR LAILI FITRI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QUIPPER SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGADIREJO TEMANGGUNG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
T.IPA NUR LAILI FITRI SEPTYANI (23060160034).pdf

Download (3MB)

Abstract

Septyani, Nur Laili Fitri. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Quipper School dalam Pembelajaran IPA berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirejo Temanggung. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas; quipper school; pembelajaran IPA berbasis daring; hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media quipper school dalam pembelajaran IPA berbasis daring efektif terhadap hasil belajar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media quipper school dalam pembelajaran IPA berbasis daring terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Ngadirejo Temanggung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan baru tentang penggunaan quipper school di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan media quipper school dan kelas kontrol menggunakan media whatsapp. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII F dan kelas VIII G. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media quipper school sangat membantu dalam proses pembelajaran siswa. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,6. Sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 71,5. Hasil nilai uji Independent sample t test diperoleh nilai signifikasi 0,031 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media quipper school lebih efektif dibandingkan dengan media whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana SMP Negeri 1 Ngadirejo Temanggung.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:41
Last Modified: 23 Oct 2020 06:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9413

Actions (login required)

View Item View Item