PENGARUH PPM(PUSH, PULL, MOORING) FACTORS TERHADAP CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DENGAN SWITCHING COST SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Krisdiana, Eva (2020) PENGARUH PPM(PUSH, PULL, MOORING) FACTORS TERHADAP CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DENGAN SWITCHING COST SEBAGAI VARIABEL MODERATING. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI EVA KRISDIANA SARI-63010160129.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sari, Eva krisdiana. 2020. Pengaruh PPM (Push, Pull, Mooring)Factors Terhadap Customer Switching Behavior dari Bank Konvensional ke Bank Syariah dengan Switching Cost Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Jateng Syariah Cabang Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agung Guritno, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh PPM (push, pull, mooring) Faktor terhadap customer switching behavior dari bank konvensional ke bank Jateng syariah Cabang Kota Salatiga dengan switching cost sebagai variabel moderating. Variabel yang digunakan adalah service quality, customer trust, alternative attractiveness, switching cost, dan customer switching behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada nasabah Bank Jateng Syariah Cabang Kota Salatiga pada tahun 2020. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan meneggunakan alat bantu aplikasi SPSS versi 22. Analisis dalam penelitian ini meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji linearitas), uji statistik (uji T test, uji F serta uji koefisien determinasi (R²)) dan uji MRA(Moderated regression analysis) .Hasil uji T test menunjukkan bahwa service quality dan customer trust tidak berpengaruh dan negatif signifikan terhadap customer switching behavior, alternative attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer switching behavior. Uji MRA(moderated regression analys) menunjukkan bahwa variabel switching cost sebagai variabel moderating berpengaruh/ memperkuat variabel service quality, customer trust,dan alternative attractiveness terhadap customer switching behavior. Kata Kunci: Service Quality, Customer Trust, Alternative Attractiveness, Switching Cost, Customer Switching Behavior.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:44
Last Modified: 26 Oct 2020 04:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item