Choiriyah, Hanaafif (2020) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN IPA ONLINE MELALUI STRATEGI POSTER SESSION TEMA 8 SUBTEMA 1 SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V MI SUDIRMAN NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021. [UNSPECIFIED]
Text
1. HANAAFIF SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Choiriyah, Hanaafif. 2020. “ Implementasi Metode Pembelajaran IPA online Melalui Strategi Poster Sesion Tema 8 Subtema 1 Siklus Air Pada Siswa Kelas V MI Sudirman Ngunut Tahun Ajaran 2020/ 2021 “. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendiskripsikan tahapan implementasi strategi poster session pada pembelajaran IPA online pada siswa kelas V MI Sudirman Ngunut Tahun Ajaran 2020/ 2021; (2) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari strategi poster session yang diterapkan pada pembelajaran IPA kelas V MI Sudirman Ngunut Tahun Ajaran 2020/ 2021; (3) mendeskripsikan keberhasilan dalam penerapan strategi poster session dalam pembelajaran IPA kelas V MI Sudirman Ngunut Tahun Ajaran 2020/ 2021. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif menggunakan jenis penelitian diskriptif kuaitatif yakni pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudian mendisplay data yang berupa uraian singkat kemudian menyimpulkan secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi poster session pada pembelajaran IPA online terbagi menjadi tiga tahap yakni tahap, yang pertama tahap mempersiapkan materi maupun alat yang digunakan dalam pembelajaran IPA online, tahap yang kedua guru melakukan kegiatan pembelajaran IPA online dengan materi siklus air, tahap ketiga penerapan strategi poster session pada pembelajran IPA online agar siswa lebih aktif dan juga antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA online. (2) kekurangan dan kelebihan pada strategi poster session ini adalah kurangannya pengkondisian siswa dalam pengimplementasian strategi poster session pada pembelajaran IPA online, kelebihannya siswa dapat menuangkan ide melalui media gambar sehingga materi dapat diingat lebih lama. (3) evaluasi dan keberhasilan menggunakan strategi poster session diukur dengan tes individu dan tertulis dan memperoleh nilai rata – rata 83,10 dengan nilai KKM mata pelajaran IPA 70. Penilaian tersebut dengan menggunakan aspek pengetahuan, keaktifan dan kerjasama. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran online, strategi poster session, Pembelajaran IPA
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 13:10 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 06:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9544 |
Actions (login required)
View Item |