PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V A DI MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DAMAYANTI, NAFIAH (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V A DI MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PDF_SKRIPSI BISMILAH LENGKAP NAFIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Damayanti, Nafiah. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V A di MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening, realita pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif penelitian yang memerlukan data berupa informasi secara deskriptif dengan teori yang dibangun berdasarkan data yang diperoleh. Dimana jenis penelitian ini dimasukkan dalam kategori kualitatif dari aspek data dan analisisnya. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni wawancara dengan guru wali kelas dan siswa dan data sekunder yang berupa foto dan hasil observasi non partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumenatsi. Hasil penelitian ini, sebagai berikut: (A) Standar pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening tahun pelajaran 2019/2020 yang diantaranya: (1) Dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu. (2) Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar. (3) Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi. (4) Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah dan di masyarakat. (5) Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru siapa saja adalah peserta didik dan dimana saja adalah kelas dan (6) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. (B) Realita pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening tahun pelajaran 2019/2020 diantaranya: (1) keefektifan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS. (2) realita pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran IPS. (C) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A di MI Asas Islam Kalibening tahun pelajaran 2019/2020 yang diantaranya: (1) Faktor internal yang terdiri dari: (a) ketepatan waktu dalam mengikuti pembelajaran, (b) cara penyampaian guru, (c) kesulitan dalam menerima dan memahami materi dan (d) waktu pengumpulan tugas. (2) Faktor eksternal, faktor yang berasal dari lingkungan tempat siswa belajar dan latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:13
Last Modified: 26 Oct 2020 13:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9546

Actions (login required)

View Item View Item