Rohmatun, Ariyani (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]
Text
Ariyani_Rohmatun_23040160047..pdf Download (5MB) |
Abstract
Rohmatun, Ariyani. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Scramble dengan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model pembelajaran Scramble, Media Papan Flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Scramble dengan media papan flanel ini dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020 dan apakah penerapan model pembelajaran Scramble dengan media papan flanel dapat memenuhi target KKM 85% pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 16 siswa yaitu 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menujukan bahwa model pembelajaran Scramble dengan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten tahun 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh per-siklusnya, hasil pra siklus hanya ada 5 siswa (31,25% ) yang tuntas KKM, sedangkan 11 siswa (68,75) belum tuntas KKM. Selanjutnya hasil dari Siklus 1 sebanyak 9 siswa (56,25%) yang tuntas KKM, sedangkan 7 siswa (43,75%) belum tuntas KKM dengan rata-rata 69,69. Diperoleh peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu 25% . Pada siklus II sebanyak 14 siswa (87,5%) ? 85% yang tuntas KKM, sedangkan 2 siswa (12,5%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 81,25. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu 31.25%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 13:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 07:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9549 |
Actions (login required)
View Item |