IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ONLINE/ DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rismonika, Rani Septiana (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ONLINE/ DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Rani_Septiana_R[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran online/ daring, bagaimana tingkat kesiapan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran online/ daring, bagaimana tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran online/ daring dan bagaimana hasil belajar khususnya dalam mata pelajaran Matematika di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara guru kelas VI MI Tarbiyatul Islamiyah, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto, profil sekolah dan lain-lain. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama model pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dalam dan dengan bantuan jaringan internet. Kedua, tingkat kesiapan guru dalam penyelenggaraan pembelajaran online/ daring di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo belum cukup siap. Guru masih mengalami kendala dalam penggunaan media yang tepat untuk pembelajaran online. Ketiga, tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran online adalah sudah cukup siap, dengan siswa yang sudah mempersiapkan fasilitas yang mendukung diadakan pembelajaran online seperti handphone. Keempat, hasil belajar siswa selama pembelajaran online/ daring adalah untuk mata pelajaran matematika siswa memperoleh hasil belajar yang rendah dengan 16,7 % memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, sementara untuk keseluruhan mata pelajaran, hasil belajar diperoleh lebih dari 80 % telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:26
Last Modified: 26 Oct 2020 06:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9552

Actions (login required)

View Item View Item