Keefektifan Penggunaan Laboratorium IPA dalam Mendukung Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 BancakTahun Pelajaran 2019/2020

ARIFAH, HIKMATUL (2020) Keefektifan Penggunaan Laboratorium IPA dalam Mendukung Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 BancakTahun Pelajaran 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_(Hikmatul Arifah_23060160022).pdf

Download (5MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Bancak merupakan salah satu SMP Negeri yang berada di Kecamatan Bancak yang telah memiliki ruang laboratorium sendiri sehingga pemanfaatan laboratorium IPA dalam pembelajaran IPA memengaruhi keefektifan laboratorium IPA di sekolah tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu:1) bagaimana kesesuaian laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak dengan standar laboratorium IPA berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, 2) bagaimana keefektifan penggunaan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak, dan 3) faktor apa saja yang mempengaruhi keefektifan penggunaan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak. Tujuan penelitian ini, yaitu:1) untuk mengetahui kesesuaian labratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak dengan standar laboratorium IPA berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, 2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak serta 3) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keefektifan penggunaan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak.Penelitian ini merupakan penelitiandengan pendekatan kualitatifdeskriptif analisis. Jenis penelitian ini berupa studi kasus. Pada penelitian ini meliputi data primer berupa wawancara yang dilakukan dengan informan dan data sekunder berupa dokumentasi yang berkaitan dengan laboratorium IPA. Subjek dalam penelitian ini koordinator laboratorium, guru mata pelajaran IPA beserta 3 peserta didik yang diambil dengan teknik sampel purposivedengan pertimbangan untuk koordinator laboratorium dan guru memiliki kualifikasi Pendidikan IPA serta sebelumnya telah pernah menjadi pendamping peserta didik dalam melakukan praktikum mata pelajaran IPA. Sedangkan 3 peserta didik yang dipilih menjadi informan dengan pertimbangan guru mapel IPA yang didasarkan pada nilai mata pelajaran IPA yang baik di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat dan bahan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Bancak sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, keefektifan penggunaan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Bancak dan kategori cukup baik dibuktikan dengan frekuensi penggunaan laboratorium IPA sebesar 41,6%, faktor yang mempengaruhi keefektifan penggunaan laboratorium IPA berupa fekuensi penggunaan laboratorium, kesesuaian sarana, alat dan bahan sesuai Permendiknas No. 24 Tahun 2007, kesesuaian alat dan bahan dengan materi yang dipraktikumkan, alokasi yang cukup untuk melakukan praktikum.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:30
Last Modified: 26 Oct 2020 13:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item