PENGARUH LABEL HALAL MUI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pembelian Produk di Alfamart Oleh Masyarakat Kota Ungaran)

AZIS, FAJAR ABDUL (2020) PENGARUH LABEL HALAL MUI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pembelian Produk di Alfamart Oleh Masyarakat Kota Ungaran). [UNSPECIFIED]

[img] Text
fajar abdul azis_63020160017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Label Halal MUI dan Harga terhadap keputusan pembelian dengan religiusitas sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat Ungaran yang pernah membeli produk di mini market Alfamart wilayah Kota Ungaran. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kota Ungaran berusia 17-50 tahun. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian sejumlah 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu yaitu masyarakat Ungaran yang pernah membeli produk di mini market Alfamart wilayah Kota Ungaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung setelah dimediasi oleh variabel Religiusitas. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS 21. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 hipotesis terdapat 3 hipotesis yang berpengaruh tidak signifikan, sedangkan 4 hipotesis yang lain berpengaruh signifikan. Variabel label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian variabel Harga dan Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Label Halal tidak berpengaruh terhadap tingkat religiusitas dan Harga berpengaruh terhadap tingkat religiusitas. Sedangkan, Pada variabel mediasi, religiusitas dinyatakan tidak dapat memediasi variabel label halal dan harga terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Label Halal MUI, Harga, Religiusitas, Keputusan Pembelian

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:36
Last Modified: 27 Oct 2020 04:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item