PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA SRATEN KAB. SEMARANG UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH

RAHMANTO, KHANIF (2016) PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA SRATEN KAB. SEMARANG UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Khanif Rahmanto.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmanto, Khanif. 2016. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Prmosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Abdul Azis NP, M.M. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengetahuan masyarakat desa sraten yang belum begitu mengenal bank syariah, padahal bayak sekali layanan bank yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan kondisi masyarakat desa Sraten yang bermayoritaskan agama islam, ternyata baru hanya sedikit yang menggunakan bank syariah. Market share bank syariah di ndonesia juga hanya sekitar 5% dari total asset bank secara nasional. Potensi peningkatan jumlah nasabah bank syariah di Indonesia masih cukup besar mengingat jumlah usia produktif penduduk terus bertambah. Hanya saja banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank syariah. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Prmosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariah . Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Sraten Kab. Semarang yang berjumlah 4.172, dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 98 orang dengan menggunakan tehnik purpossive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.Uji statistik yang terdiri dari uji t untuk menguji variabel secara parsial, serta uji F untuk menguji antar variabel secara bersama-sama. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi, uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan seluruh variabel lolos dalam uji asumsi klasik. Sedangkan pada uji statistik menunjukan variabel religiusitas brpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Kemudian variabel religiusitas, kualitas pelayanan, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Kemampuan prediksi ketiga variabel independen terhadap minat menabung sebesar 96% yang ditunjukan dari besarnya R2 sisanya 4% dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian. Kata kunci : Religiusitas,Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Minat menabung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:20
Last Modified: 06 Oct 2016 03:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item