PERSEPSI GURU DALAM PENGGUNAAN METODE BERNYANYI PADA HAFALAN DO'A HARIAN DI RA KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2020-2021

FAUZIA, AKMILA (2020) PERSEPSI GURU DALAM PENGGUNAAN METODE BERNYANYI PADA HAFALAN DO'A HARIAN DI RA KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2020-2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AKMILA FAUZIA 23050160002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fauzia, Akmila. 2020. Persepsi Guru Dalam Penggunaan Metode Bernyanyi Pada Hafalan Do?a Harian Di RA Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aprilian Ria Adisti, M.Pd. Kata Kunci: Metode Bernyanyi dan Hafalan Do’a. Metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang sangat digemari oleh anak usia dini. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti persepsi guru dalam penggunaan metode bernyanyi pada hafalan do’a harian di RA Kecamatan Tingkir. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan metode bernyanyi pada hafalan do’a harian di RA Kecamatan Tingkir? (2) Bagaimana persepsi guru dalam penggunaan metode bernyanyi pada hafalan do’a harian di RA Kecamatan Tingkir? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan, kemudian menyimpulkan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan metode bernyanyi pada hafalan do’a harian di RA Kecamatan Tingkir yaitu: (a) guru menjelaskan kepada anak-anak do’a yang akan diajarkan (b) guru melafalkan do’a dengan cara bernyanyi (c) setelah itu anak menirukannya (d) dalam satu hari di RA Sudirman guru mengajarkan 1-5 do’a (e) di RA Al?hijrah satu hari mengajarkan 2 do’a (f) mengajarkan 1 do’a membutuhkan waktu 5-15 menit (g) penerapan ini dilakukan setiap hari dan mengulang-ulang dalam satu minggu (2) Persepsi guru dalam penggunaan metode bernyanyi pada hafalan do’a harian di RA Kecamatan Tingkir: menghafal do’a harian menggunakan metode bernyanyi sangatlah efektif, karena anak lebih mudah menangkap materi yang diajarkan guru saat menggunakan lagu.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2020 11:15
Last Modified: 03 Nov 2020 04:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9766

Actions (login required)

View Item View Item