PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS 5 DAN 6 MI MA'ARIF GEDANGAN KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

CHAIRUDIN, ACHMAD (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS 5 DAN 6 MI MA'ARIF GEDANGAN KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD CHAIRUDIN 23040160168.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 Dan 6 MI Ma’arif Gedangan, Kec Tuntang, Kab Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun murid ketikan melakukan kegiatan belajar mengajar via daring selama masa pandemic covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas 5 dan 6 karena mereka sudah lebih menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga 90% dari mereka sudah memiliki fasilitas android pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji data menggunakan spss 23 . Data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh siswa dan juga dilakukan wawancara oleh guru sebagai data pendukung. Uji yang dilakukan yaitu validitas, reabilitas, dan uji R square untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebanyak 68,5%. Dari hasil pengujian spss bahwa nilai sig.(2-tailed) setiap variabel X dan variabel Y adalah < 0,005. Dilihat dari nilai rhitung dan rtabel didapat hasil bahwa nilai rhitung > rtabel. Nilai rtabel 0,2787 diperoleh dari nilai N 50-2=48. Angka 48 mempunyai nilai r tabel 0,2787. Hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa secara keseluruhan variabel X dan Y memiliki nilai cronbach’s alpha > 0,06. Pembelajaran online mampu menjadi penolong dunia pendidikan di masa pandemi Covid 19 ini. Menurut penuturan wali kelas juga prestasi belajar siswa cenderung stabil dan tidak mengalami penurunan walaupun pembelajaran dilakukan dengan daring.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2020 23:45
Last Modified: 09 Nov 2020 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item