PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI RA NURUL HUDA 01 SUMBEREJO KECAMATAN PABELAN TAHUN 2020

MAHENDRA, AMBARWATI (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DI RA NURUL HUDA 01 SUMBEREJO KECAMATAN PABELAN TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi terakhir ambar REVISI SIDANG-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ambarwati Mahendra. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus: RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan Tahun 2020. Skripsi, ProgramStudi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Masa Covid-19 . Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pembelajaran masa covid-19 di RA Nurul Huda 01 Sumberejo. Tujuan skripsi ini yaitu: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh masa covid-19 studi kasus: di RA Nurul Huda 01 Sumberejo. 2) Mengetahui faktor penghambatpembelajaran masa covid-19 di RA Nurul Huda 01 Sumberejo. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber primer (kepala sekolah, wali kelas A maupun B RA Nurul Huda 01 Sumberejo, wali murid/orangtua) dan sumber sekunder berupa dokumentasi dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan, kemudian menyimpulkan data. Pengolahan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di RA Nurul Huda Sumberejo 01 yaitu di awali dengan adanya rapat virtual bersama kementrian agama dan IGRA Kabupaten Semarang tentang sosialisasi kaldik kurikulum darurat covid-19, kemudian IGRA kecamatan Pabelan mengadakan workshop penyusunan KTSP kedaruratan dan sosialisasi kepada wali murid kelompok A dan kelompok B. Guru mempersiapkan RPPM dan RPPH darurat, membuatkan video perkenalan guru dan lingkungan sekolah, grup whatsapp untuk sharing tugas, pembuatan video tutorial kegiatan belajar peserta didik, voice note untuk pengenalan keagamaan, dan lembar checklist untuk pembiasaan sehari-hari di rumah. Faktor-faktor yang mengahambat pelaksanaan pembelajaran darurat masa covid-19 di RA Nurul Huda Sumberejo 01 yaitu dari faktor internal guru, faktor eksternal, alat penunjang handphone android, dan kuota.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:13
Last Modified: 09 Nov 2020 06:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9816

Actions (login required)

View Item View Item