IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aliyyani, Dwi wahyu (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI DWI WAHYU ALIYYANI 23010150005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aliyyani, Dwi Wahyu. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Siswa di SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci : Nilai Kedisiplinan, Keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam nilai kedisiplinan dan keagamaan pada siswa, kebijakan sekolah dan guru dalam pengimplementasian nilai kedisiplinan dan kegamaan di SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Guru, serta siswa kelas VII dan VIII. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi data. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung dengan narasumber agar dapat memperoleh informasi lebih akurat. Analisis penelitian yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkan implementasi nilai kedisiplinan, kebijakan sekolah dan guru dalam pengimplementasian nilai kedisiplinan dan keagamaan. Implementasi nilai kedisplinan ini adalah ketepatan waktu sebelum bel masuk, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, mandiri, memiliki kesadaran diri, beraktifitas dilingkungan sekolah. Nilai kedisiplinan tersebut siswa melaksanakannya dengan baik dan ada beberapa yang masih belum berkomitmen. Sedangkan dalam implementasi nilai keagamaan yaitu Sholat Duha, Sholat Dzuhur berjamaah, Baca Tulis Al-Qur’an, pembacaan Asmaul Husna, dan peringatan Hari Besar Islam. Nilai keagamaan disini siswa sudah menjalankan dengan baik namun beberapa masih ada yang belum berkomitmen. Sanksi yang diberikan kepada siswa yang belum berkomitmen yaitu menghafal surat-surat pendek dan diberi nasehat. Waka Kesiswaan dan guru dalam pengimplementasian nilai keagamaan ini dengan memberi arahan dan teladan terhadap siswa. Peran kebijakan sekolah ialah memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam pelaksanakan kegiatan di sekolah. Sedangkan peran guru adalah mengawasi, memberi arahan, memotivasi, serta memberi teladan kepada siswanya. Faktor pendukung dan penghambat disini ialah lingkungan keluarga dan pertemanan siswa yang kurang baik. Upaya guru pembimbing dalam meningkatkan nilai-nilai kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan yaitu dengan memeriksa kerapian, kesiapan, serta keefisian waktu siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:24
Last Modified: 09 Nov 2020 03:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item