Tidaryanto, M.Fajri (2020) PENDIDIKAN AKHLAK TASAWUF PADA JAMAAH THARIQAH QADIRIYAH NAQSABANDIYAH DIDESA LEBAK KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi M.Fajri Tidaryanto 23010160342 rampung-converted.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tidaryanto, Muhamad, Fajri. 2020. Pendidikan Akhlak Tasawuf pada Jamaah Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah di Desa Lebak Kec. Bringin Kab. Semarang Tahun 2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Miftahuddin, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak Tasawuf, Jamaah Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah Akhlak yang tertanam dalam diri manusia bermacam-macam ada yang berakhlak baik atau buruk hal tersebut tergantung kepada setiap individu dalam memilih apakah mau berakhlak baik atau buruk. Problematika yang dihadapi masa kini yaitu masih adanya orang yang sudah tua namun dalam hidupnya masih belum sepenuhnya mengingat Allah maka perlu adanya pendidikan akhlak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pendidikan akhlak tasawuf pada jamaah thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah, untuk mengetahui nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan akhlak tasawuf, untuk memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak tasawuf pada jamah thariqah. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara mursyid, badal, perwakilan jamaah dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan jamaah thariqah, kondisi, sejarah singkat thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah di Desa Lebak. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, bentuk pendidikan akhlak tasawuf pada jamaah thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah di Desa Lebak berupa pengajian rutinan seminggu sekali, kegiatan manaqib setiap sebulan sekali dan juga khal syaikh abdul Qadir Jailani setahun sekali. Materi yang pokok yang diajarkan dalam thariqah yaitu syariat, tarekat, hakikat. Dzikir thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah yakni dzikir ismu dzat dan dzikir nafi isbat. Kedua, nila-nilai dalam pendidikan akhlak tasawuf pada jamaah thariqah terbagi menjadi dua, yaitu nilai ilahiyyah (hablumminallah) dan nilai insaniyyah (hablumminannas). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak tasawuf pada jamaah thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah. Faktor pendukungnya berupa mursyid yang mumpuni (sabar, telaten, berpengetahuan luas ), lingkungan yang kondusif (tempat kegiatan thariqah yang baik, tenang dan nyaman), fasilitas yang memadai (tempat wudhu, air yang bersih dan lancar, adanya buku pedoman thariqah), minat para jamaah yang tinggi. Faktor penghambatnya berupa kondisi para jamaah khususnya yang sudah tua yakni kondisi fisik yang mulai lemah (penglihatan berkurang, pendengaran berkurang, daya ingat berkurang).
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 10:27 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 03:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9827 |
Actions (login required)
View Item |