STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020/2021

NAF'AH, NUR (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR NAFIAH (PAI, 23010160019).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nafiah, Nur. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2020/2021. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru pendidikan agama Islam, Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon. (2) Untuk mendeskripsikan apa sajakah faktor?faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh diolah dan dijelaskan dalam deskripsi penulis. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, dan waka kurikulum (guru Non-PAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru PAI dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon, diantaranya: Secara Rutin dan Spontan. a). Secara Rutin seperti: Upacara (Senin/Hari Nasional), Sholat dhuha, Muroja’ah/membaca Al-Qur’an bersama, Sholat dhuhur berjama’ah, Baca tulis membaca dan tahfidz Al-Qur’an, Kepanduan hizbul wathan, Pencak silat tapak suci, Menjaga lingkungan sekolah bersama-sama. b). Sedangkan Secara Spontan seperti: Bakti sosial, Ta’ziah, dan Kunjungi keluarga sekolah yang sakit dan lain-lain. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon, diantaranya: a). Faktor Pendukung diantaranya adalah Dukungan guru, orang tua, dan masyarakat dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon,Sarana prasarana yang mendukung kegiatan pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon, dan Letak sekolah yang strategis dekat dengan masjid sehingga memudahkan kegiatan pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa di SMP Muhammadiyah 5 Tanon. b). Faktor Penghambat diantaranya yaitu: Kurangnya fasilitas yang memadai terutama LCD, Kurangnya minat guru dan ilmu pengetahuan, dan Biaya yang kurang memadai untuk kegiatan sekolah. (3) Solusi yang ditawarkan adalah kerjasama antara guru dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Tanpa adanya mereka mungkin tidak bisa memberikan hal terbaik dalam mengembangkan sikap spiritual dan sosial pada siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 14:08
Last Modified: 09 Nov 2020 07:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9851

Actions (login required)

View Item View Item