PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATERI PUISI SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MA'ARIF CANDIREJO TAHUN AJARAN 2019/2020

FATIMAH, SITI DITA NUR (2020) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATERI PUISI SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MA'ARIF CANDIREJO TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI DITA NUR FATIMAH 23040160169docx.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fatimah, Siti Dita Nur Fatimah.2020. Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Materi Puisi Siswa Kelas IV Semester Genap MI Ma’arif Candirejo Tahun Pelajaran2019/2020.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Keterampilan, Menulis puisi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan puisi kelas IV MI Ma’arif Candirejo, untuk mengetahi hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas IV MI Ma’arif Candirejo dan untuk mengetahui solusi guru dalam mengatasi hambatan keterampilan menulis puisi kelas IV MI Ma’arif Candirejo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu (Person )sumber data berupa orang, (Place) sumber data berupa tempat ,( Paper)data berupa simbol. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diolah melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesmpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianguasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran guru dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV MI Ma’arif Candirejo peran guru bukan hanya menstrasfer ilmu saja tetapi guru sebagai pembimbing juga motivator bagi siswanya guru juga dituntut sekreatif mungkin dalam proses pembelajaran berlangsung, guru dalam meningkatkan menulis puisi menggunakan media langsung juga menggunkan metode ceramah dan tanya jawab, pembiasaan yang dilakukan guru siswa diajak keluar kelas mengamati lingkungan halaman sekolah guna menambah ide dalam membuat puisi juga guru mencotohkan membuat puisi dan membaca puisi. Hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan munulis puisi siswa kelas IV MI Ma’arif Candirejo hambatan dari media langsung yang dinilai kurang efektif diantaranya keterbatasa waktu juga siswa sulit dikondisikan asik maen sendiri lari-larian, hambatan lain yaitu dari siswa itu sendiri siswa masih bingung dalam menentukan tema, merangkai kata-kata, dan masih kurang ketertarikan dalam membuat puisi Solusi guru dalam mengatasi hambatan menulis puisi MI Ma’arif Candirejo guru mnggunakan media gambar kartun dengan dengan metode Think Talk Write dibentuk kelompok agar siswa mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas solusi siswa yang asik main sendiri media gambar memudahkan siswa dalam menentukan tema, judul dan merangkai kata juga. solusi siswa yang masih belum faham pelajaran yang diajarkan oleh guru, disini guru menggunakan pendekatan secara individu dengan menambah jam pulang sekolah atau pada waktu sholat dhuhur.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2020 08:51
Last Modified: 10 Nov 2020 01:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item