BAROROH, UMI (2020) Pengembangan Kretivitas Anak Melalui Media Korek Api di Kelompok B RA Balitasari Kalirejo, Ungaran Timur Tahun Ajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
sekripsi umi baroroh (PIAUD).pdf Download (2MB) |
Abstract
Baroroh, Umi. 2020. Pengembangan Kretivitas Anak Melalui Media Korek Api di Kelompok B RA Balitasari Kalirejo, Ungaran Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wakhidati Nurrohmah Putri, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Kreativitas, Korek Api Penelitian ini membahas mengenai pengembangan kreativitas anak melalui media korek api di kelompok B RA Balitasari Kalirejo, Ungaran Timur Terdapat 2 tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara dalam mengembangkan kreativitas anak dengan media korek api. 2) secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas anak dengan media korek api di RA Balitasari Kalirejo, Ungaran Timur. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah anak didik kelompok B di RA Balitasari. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian PTK terdiri dari: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: 1) lembar observasi anak dan guru 2) lembar evaluasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media korek api dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B RA Balitasari Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Kreativitas anak yang mengalami perkembangan sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan anak yaitu anak dapat menunjukan ketekunan yang kreatif, menunjukan minat pada kegiatan-kegiatan kreatif, menunjukan imajinasi dan gambaran, dan mengekspresikan diri dengan cara yang kreatif dalam berbagai bidang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil presentase keberhasilan kelas yaitu pra siklus 0%, siklus I 40,23% dan siklus II 77,7%. Peningkatan terjadi pada siklus II sehingga selisih antara siklus I ke siklus II adalah sebesar 77,7%. Dengan berkembangnya presentase keberhasilan kelas tersebut, pengembangan Kreativitas anak melalui media korek api pada kelompok B RA Balitasari dinyatakan berhasil.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 11:10 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 04:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9871 |
Actions (login required)
View Item |