, Fatih Kumala Sari (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS V DI MI MA'ARIF WATUAGUNG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
fatih kumala sari 23040160153 PGMI fiks.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kumala Sari, Fatih. 2020. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Kelas V Berbasis Kurikulum 2013 di MI Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang. Skripsi.Salatiga.Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Aprilian Ria Adisti, M.Pd Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Kelas V Berbasis Kurikulum 2013 di MI Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya guru pada kelas V di MI Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang sesuai dengan 7 aspek penguasaan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan dan dikuasai. Dibuktikan dengan aspek-aspek yang telah dikuasai, seperti halnya aspek menguasai karakteristik peserta didik, aspek pengembangan kurikulum, aspek kegiatan pembelajaran yang mendidik, aspek pengembangan potensi peserta didik, aspek komunikasi dengan peserta didik, dan aspek penilaian dan evaluasi. Disisi lain terdapat aspek yang harus dikembangkan lagi yaitu aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaram yang mendidik. Dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di MI Ma’arif Watuagung terdapat problematika sesuai dengan 7 aspek penguasaan dalam kompetensi pedagogik guru menyatakan bahwa ada beberapa aspek yang terdapat problematika, aspek tersebut yaitu aspek menguasai karakteristik peserta didik, aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan pengembangan potensi peserta didik, dari ketiga aspek yang terdapat adanya suatu problematika menjadikan kegiatan pembelajaran terhambat, sehingga tujuan dalam pembelajaran tersebut belum berjalan dengan maksimal.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 15:09 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 08:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9921 |
Actions (login required)
View Item |