PRATIWI, SEPTI INDRI (2020) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic COVID-19 Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Septi Indri Pratiwi 23060160004 REVISI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pratiwi,Septi,Indri.2020. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic COVID-19 Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing: Dr.Budiyono Saputro,M.Pd. Kata Kunci : Google Classroom; Pandemic COVID-19; Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian pembelajaran Google Classroom era pandemic COVID-19 materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2020/2021 bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan (2) megetahui persepsi guru (3) megetahui persepsi siswa (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Salatiga yang berjumlah 30 siswa dengan rincian 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan model Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data, meliputi 4 karakteristik dalam penelitian yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmmabilit. Hasil penelitian pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi klasifikasi makluk hidup kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga menyimpulkan bahwa (1) pelaksanaan meliputi: tujuan pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup ini sudah sesuai indikator, guru memberikan materi dengan rinci, guru menggunakan media gambar, metode pembelajaran menggunakan discovery, Strategi yang digunakan, guru mengingatkan siswa sebelum pembelajaran dimulai, penilaian pembelajaran google classroom belum berhasil mencapai KKM secara klasikal.(2) Persepsi siswa sangat menarik, media yang sesuai dapat memberikan pemahaman, kelebihan dapat belajar dimanapun, kelemahan guru slow respons. (3) Persepsi guru antara lain: guru memberikan secara rinci, media pembelajaran menggunakan media gambar, guru menggunkan metode discovery, strategi yang digunakan guru mengingatkan siswa terlebih dahulu di whatshapp,kelebihan fitur lengkap, kelemahan siswa kurang siap. (4) Faktor Pendukung Dan Penghambat antara lain: faktor pendukung adanya kerja sama antara guru dan wali murid, dan factor penghambat siswa belum siap dalam pembelajaran online.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 14:18 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 14:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9933 |
Actions (login required)
View Item |