PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SDLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU

ASRIYANTI, SRI (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SDLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI ASRIYANTI 23040160207 .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SDLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU Siti Asriyanti. 2020. Pengelolaan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19 di SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran Daring, SDLB Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi pembelajaran Daring di SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran daring dalam setiap jenis perencanaan dengan memperhatikan jenis ketunaannya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp dalam pembelajarannya. Jenis perencanaan pembelajaran daring SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru terdiri dari penyusunan Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan jenis ketunaannya. Perencanaan dibuat oleh guru kelas ketunaan yang mengampu semua mata pelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran daring ada tiga kegiatan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang penyampaiannya disesuaikan dengan jenis ketunaan dengan aplikasi Whatsapp (3) Evaluasi pembelajaran daring terdiri dari ranah penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik yang sudah disesuaikan dengan jenis ketunaan karena memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Kesimpulan penelitian ini mununjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring di SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru disesuaikan dengan jenis ketunaanya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 15:21
Last Modified: 12 Nov 2020 08:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item