DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD TAHFIDZ AR-RISALAH KEC. BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KHASANAH, MAHMUDATUL (2020) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD TAHFIDZ AR-RISALAH KEC. BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Mahmudatul Khasanah(23040160201) PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Mahmudatul, 2020. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD tahfidz Ar-Risalah Kec.Bandungan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Dampak Daring, Prestasi belajar IPS. Wabah virus covid-19 saat ini telah berdampak bagi seluruh masyarakat dan bagi sektor pendidikan di Indonesia. Adanya pembelajaran Daring merupakan solusi untuk tetap menjalankan sistem pendidikan berdasarkan standar pendidikan yang diberlakukan. Keputusan ini sudah disepakati oleh Menteri Pendidikan di Indonesia berdasarkan surat edaran yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak adanya pembelajaran daring dan mengetahui prestasi belajar IPS pada kelas IV di SD Tahfidz Ar-Risalah. Tujuan ini penulis mengambil berdasarkan latar belakang siswa di SD Tahfidz Ar-Risalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring, (2) Apa dampak pembelajaran daring, (3) bagaimana prestasi belajar IPS kelas IV.Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dilakukan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan yang peneliti teliti adalah kepala sekolah, wali kelas, wali murid, dan siswa kelas IV di SD Tahfidz Ar-Risalah. Informan yang terlibat berjumlah 11 orang yang terdiri 1 kepala sekolah, 1 guru kelas IV, 6 wali murid, dan 3 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Tahfidz Ar-Risalah Kec.Bandungan tahun pelajaran 2019/2020, dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran daring sudah sesuai dengan standar pendidikan yang diberlakukan dan memberikan dampak yang positif untuk belajar dengan pendampingan orang tua, bahwa pembelajaran daring dapat memenuhi target pencapaian KBM 85% pada prestasi belajar IPS kelas IV. Hal ini dibuktikkan dengan adanya peningkatan nilai selama daring dari 11 siswa, 10 siswa yang sudah tuntas dengan persentase 90,09% , sedangkan 1 siswa belum tuntas dengan persentase 9,09% . Jadi prestasi belajar IPS selama pembelajaran daring siswa kelas IV secara klasikal sudah melampaui batas capaian KBM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 15:26
Last Modified: 12 Nov 2020 08:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item