PENGARUH PENERAPAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX SMP NU SURUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MUNA, FATMA NAILUL (2020) PENGARUH PENERAPAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IX SMP NU SURUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Fatma Nailul Muna (T.IPA_23060160053).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi digital terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19, untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19, untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi digital dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi dan kemudian melihat ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan literasi digital terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19 dilihat dari hasil (Sig.) 0,038 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 19,4% . Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19 dilihat dari nilai (Sig.) 0,031 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 22,4%. Hasil uji korelasi sebesar 0,585 menunjukkan hubungan yang sedang. hasil analisis regresi linear berganda dengan nilai (Sig.) literasi digital sebesar 0,002 dan (Sig.) kemandirian belajar sebesar 0,045 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 29,4 % sedangkan 70,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan literasi digital dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas IX SMP NU Suruh tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2020 19:37
Last Modified: 12 Nov 2020 12:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item