PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA MTs DI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

HIDAYAH, ITA NUR (2020) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA MTs DI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ITA NURHIDAYAH 23010160263.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurhidayah, Ita. 2020. Peran Guru sebagai fasilitator pembelajaran Daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru ;Fasilitator; Pembelajaran Daring Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang tahun 2020. (2) Untuk mengidentifikasi peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang tahun 2020. (3) Untuk mengeksplorasi faktor yang menghambat peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang tahun 2020. (4) Untuk mengidentifikasi bagaimana cara guru menyelesaikan hambatan dalam memfasilitasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni pengamatan dan wawancara dengan guru pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observation, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kab-Semarang dilakukan semenjak adanya Covid 19 mulai juni 2020. Media aplikasi e-learning,google form, google classroom. Metode pembelajaran fleksible, bervariasi, guru melakukan presensi,membuat RPP pembelajaran daring, berinteraksi dengan siswa,tata tertib pembelajaran daring tetap mematuhi protokol kesehatan, sopan dan santun dalam forum, komunikasi dua arah dengan chatting pribadi WA. (2) Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring sudah berjalan namun belum keseluruhan. Guru sudah berusaha menjalankan perannya seperti berusaha mendengarkan kebutuhan peserta didik,sabar,memfasilitasi kegiatan pembelajaran, menghargai,bersikap positif,membangun suasana keakraban dan komunikasi personal, bersikap sederajat. (3) faktor penghambat peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring adalah kebiasaan guru mengajar dengan pola lama, kurangnya fasilitas peserta didik, penguasaan teori peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring masih belum maksimal. (4) Cara guru menyelesaikan hambatan dalam memfasilitasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah dengan guru meningkatkan wawasan literasi pembelajaran daring,sekolah memfasilitasi guru dan siswa,guru mengikuti pelatihan pembelajaran daring.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2020 12:38
Last Modified: 13 Nov 2020 12:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9950

Actions (login required)

View Item View Item