Rokhmana, Siti (2020) ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 CETAKAN PERTAMA TAHUN 2015 KELAS IX BAB SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KONTEN PADA KRITERIA BELL. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SITI ROKHMANA 23070160120 skripsi jadi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rokhmana, Siti. 2020. Analisis Kesesuaian Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Cetakan Pertama Tahun 2015 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci: Buku siswa, Kurikulum 2013, Kriteria Bell Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku siswa kurikulum 2013 cetakan pertama edisi 2015 mata pelajaran matematika kelas IX bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan konten pada kriteria Bell. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni dokumentasi pada buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 cetakan pertama tahun 2015 dan sumber data sekunder yang diperoleh dari beberapa jurnal yang berkaitan dengan riset peneliti. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengkajian isi dokumen (content analysis). Hasil penelitian analisis buku siswa berdasarkan konten pada kriteria Bell menunjukkan angka 67 % dengan kategori baik atau dinyatakan sesuai dengan kriteria bell. Dari 21 indikator dalam kriteria Bell (1981:381) ada 14 kriteria yang sesuai dengan kriteria bell, diantaranya adalah “Apakah penyelesaian masalah dipertimbangkan dalam buku?” Secara keseluruhan terkait konten pada Kriteria Bell, buku siswa ini lebih menekankan pada penyelesaian suatu masalah, tampak pada tipe dari contoh soal dan soal latihan yang diberikan pada siswa, hampir 80% merupakan tipe penyelesaian masalah, dan ada 7 kriteria yang tidak sesuai dengan kriteria bell diantaranya adalah “Apakah tingkat dari kekakuan dan ketelitian sesuai dengan tingkat kemampuan siswa?” untuk tingkat ketelitian sudah cukup, tetapi untuk tingkat kekakuan atau kesulitannya kurang cocok siswa, terlihat dari tingkat kesulitan soal yang diberikan dalam buku ini belum bisa seluruhnya diselesaikan siswa dengan sempurna.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 10:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 10:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9969 |
Actions (login required)
View Item |