KHAMILLIA, NAFIS ZANATUL (2020) ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI TPMI A DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
NAFIS ZANATUL KHAMILLIA 23070160043.pdf Download (2MB) |
Abstract
Khamillia, Nafis Zanatul. 2020. Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Pada Kelas XI TPMI A di SMK Saraswati Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kaguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Matematika, Analisis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran matematika di SMK Saraswati Salatiga. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1) Bagaimana problematika pembelajaran matematika pada kelas XI TPMI A di SMK Saraswati Salatiga. 2) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika pada kelas XI TPMI A di SMK Saraswati Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Objek penelitian adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa problematika pembelajaran matematika di SMK Saraswati Salatiga terdiri dari: problematika siswa, problematika guru, problematika sarana dan prasarana. Adapun problematika siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari materi matemetika dan kurangnya motivasi belajar siswa, problematika guru yaitu kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran matematika dan minimnya kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, problematika sarana dan prasarana yaitu buku dari pemerintah yang tidak sesuai dengan materi disilabus dan terbatasnya alat proyektor. Ada beberapa upaya mengatasi problematika pembelajaran matematika di SMK Saraswati Salatiga. Pertama, upaya mengatasi problematika siswa yaitu guru berupaya memilih metode pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa dan bisa menciptakan kelas yang kondusif serta guru memberikan motivasi belajar dengan cara menasehati dan memberikan penghargaan berupa nilai atau pujian atas keberhasilan siswa. Kedua, upaya mengatasi problematika guru yaitu guru memberikan jam tambahan jika memungkinkan dan guru menjelaskan materi secara singkat dan jelas serta memperbanyak latihan soal serta pihak sekolah mengadakan pelatihan yang dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi guru. Ketiga, upaya mengatasi problematika sarana dan prasarana yaitu guru membuat modul sendiri sesuai materi yang ada disilabus dan apabila guru melakukan pembelajaran matematika menggunakan proyektor, maka harus memastikan tidak ada jadwal yang tabrakkan dengan guru yang lain.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 10:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 10:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9971 |
Actions (login required)
View Item |