Hibatullah, Fatkhurrohman (2020) KONTRIBUSI FASILITAS BELAJAR DAN MONITORING ORANG TUA DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL USWAH BERGAS TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
FATHUR 23070160114.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hibatullah, Fathurahman. 2020. Kontribusi Fasilitas Belajar Dan Monitoring Orang Tua Dalam Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Uswah Bergas Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing : Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Kontribusi Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar serta aspek-aspek apa saja yang telah diberikan kepada siswa, kontribusi monitoring orang tua serta bentuk monitoring orang tua dan mengetahui kontribusi fasilitas belajar dan monitoring orang tua dalam pencapaian hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara sebagai metode utama, dan observasi, dokumentasi, angket terbuka sebagai metode pendukung untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar dan monitoring orang tua dalam hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, kontribusi dari fasilitas belajar cukup membantu bagi siswa untuk menerima pembelajaran yang dilakukan secara daring pada saat ini. Siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru dengan adanya pendukung fasilitas belajar yang diberikan sekolah maupun diberikan oleh orang tua siswa sendiri. Fasilitas belajar yang diberikan sekolah yaitu buku pendamping yang berupa buku paket dan buku LKS, memberikan paket internet untuk pembelajaran secara daring, dan laptop yang disediakan di perpustakaan. Disamping itu kontribusi monitoring orang tua sangatlah penting bagi siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Kontribusi fasilitas belajar cukup membantu saja akan tetapi kurang maksimal oleh karana itu ada beberapa faktor yang membantu hasil belajar matematika agara maksimal. Salah satunya yaitu kontribusi monitoring orang tua yang membantu siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Bentuk monitoring orang tua yang berupa pengasuhan, pembimbing, motivator, dan fasilitator. Dalam kenyataan masih ada beberapa orang tua dari siswa belum bisa menjalankan dari bentuk monitoring orang tua itu sendiri.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 10:56 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 10:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9972 |
Actions (login required)
View Item |