PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN PAI AYAT TENTANG TOLERANSI DI SMAN 1 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

maemonah, Siti (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN PAI AYAT TENTANG TOLERANSI DI SMAN 1 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS fix SITI MAEMONAH 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN PAI AYAT TENTANG TOLERANSI DI SMAN 1 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020 Pengembangan media flash card pada pembelajaran PAI ayat tentang toleransi bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan pengembangan media flash cad pada pembelajaran PAI ayat tentang toleransi, juga untuk mengetahui validitas media flash card serta efektivitas hasil pengembangan media flash card terhadap peningkatan hasil pembelajaran PAI ayat tentang toleransi pada soswa kelas XI IPS SMAN 1 Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2020 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( R & D) dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk mengumpulkan informasi sebelum penelitian dilakukan dengan cara studi lapangan dan studi pustaka. Desaign yang dikembangkan berupa mdia flash card berbasis It dengan software HTML-5. Developmen mengembangkan produk media flash card yang kemudian mendapat penilaian dari ahli materu dan ahli media flash card pada pembelajaran PAI ayat tentang toleransi terhadap siswa kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan Evaluasion, hasil evaluasi menunjukkan bahwa media flash card layak digunakan. Jumlah subyek penelitian 23 siswa. Analisis data menggunakan tenik deskripsi kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media flash card pada pembelajaran PAI ayat entang toleransi masuk katagori sangat layak dan sangat efektif digunakan. Media pembelajran ini dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 91,24% , ahli materi dengan persentase yaitu sebesar 84,68%. Media pembelajaran ini dinyatakan efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 91,33% dan uji kelompok besar dengan persentase total sebesar 95,18%, sedangkan dalam penerapnnya mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 81,37 sehingga media pembelajaran flash card termasuk ke katagori valid,layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran, dengan signifikasi (2-tailid) 0,000 p< 0,05 dan post test nilai signifikasi (2-tailid) o,ooo,p<0,05. Kata Kunci : Media flash card, pembelajaran PAI ,ayat tentang toleransi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 11:59
Last Modified: 16 Nov 2020 11:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item