Wahyuningsih, Sri (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhlik Hidup Melalui Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas III SDN 2 Kalinanas Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI FIX PDF.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kalinanas Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPA dan siswa yang berjumlah 17 siswa, yang terdiri dari 9 putra dan 8 putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil siklus I dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa adalah 62,35 sebanyak 9 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 8 siswa belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 72,94 dengan 15 siswa yang sudah tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan 2 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dengan melihat hasil kedua siklus di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 07:01 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 07:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |