Hamidah, Indah Nurul (2017) Kesehatan Mental menurut Hasan Langgulung dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Skripsiinimerupakanupayauntukmengetahuikesehatanmentalmenurut HasanLanggulungdanimplikasinyadalamPendidikanAgamaIslam.Penelitian yangingindijawabdalampenelitianiniadalahPertama,Apapengertiandari kesehatanmentalmenurutHasanLanggulung?Kedua,Bagaimanaimplikasi kesehatan mental menurut HasanLanggulungdalamPendidikan AgamaIslam? Metodeyangdigunakanpenelitiyaitukepustakaan(literature).Penelitian inidilakukandenganmenggunakanteknikpengumpulandatadengancara mengamatipadasumber-sumbertertentu,mencari,menelaahbuku-buku,artikel ataulainnyakaryaHasanLanggulungdanyangberkaitandenganskripsiini. Pengumpulandatadibagimenjadiduasumberyaitudataprimerdansekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metodedeskriptif dan analisis. Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)Kesehatanmentalmenurut HasanLanggulungadalahkondisimentalyangmengarahkepadakeselamatandan kebahagiaanyangberlakudiduniaini.Karenakebahagianduniahanyalahjalan kearahkebahagiaanakhirat.(2)DiduniapendidikanIslam,implikasikesehatan mental dalamPendidikanAgamaIslam diantaranyaa)Kesehatanmentaldan PendidikanAgamaIslammemilikihubunganyangsangaterat,karenasama-sama untukmembentukkepribadian,tingkahlakudansikapyangbaiksertasehatpada pesertadidik.b)TujuanPendidikanAgamaIslamuntukmenumbuhkandan meningkatkankeimananmelaluipemberiandanpemupukanpengetahuanpeserta didiktentangagamaIslamsehinggamenjadimanusiamuslimyangterus berkembang dalam halkeimanan danketakwaannya.c)Fungsi PendidikanAgama IslamuntukmerealisasikankeinginanajaranIslamyangmembawamisi kesejahteraandankekokohankeberagamaanmanusiasebagaihambaAllahlahir danbatin.d)Kurikulum PendidikanAgamaIslammerupakanalatuntukmencapai tujuanPendidikanAgamaIslam,yangdisusunberdasarkankonsep pengembanganilmupengetahuan,pengalaman,keterampilan,sikapdannilai moralketuhanansehinggakurikulumyangdikembangkandapatmembentuk pribadimuslimyangkuat.e)Materiajarsangatlahpentingkarenadarisitulah ilmu-ilmukeberagamaandiperoleh,penentuanmateriajarharusdidasarkanpada tujuan,baikdarisegicakupan,tingkatkesulitan,maupunorganisasinya.Diantara itusemuaPendidikanAgamaIslaminginmenjadikanpesertadidikmenjadi pribadimuslimyangkuatdalamsegipengetahuandankeagamaan.Yangakan membawapesertadidikkepadakehidupanyanglebihbaik,terhindardarisegala sesuatuyangmengancamkehidupanduniasertadapatbahagiadanselamatdi akhirat kelak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 26 Apr 2017 07:35 |
| Last Modified: | 26 Apr 2017 07:35 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
