Hamidah, Indah Nurul (2017) Kesehatan Mental menurut Hasan Langgulung dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Other thesis, IAIN Salatiga.
| 
 | Text SKRIPSI.pdf Download (6MB) | Preview | 
Abstract
Skripsiinimerupakanupayauntukmengetahuikesehatanmentalmenurut HasanLanggulungdanimplikasinyadalamPendidikanAgamaIslam.Penelitian yangingindijawabdalampenelitianiniadalahPertama,Apapengertiandari kesehatanmentalmenurutHasanLanggulung?Kedua,Bagaimanaimplikasi kesehatan mental menurut HasanLanggulungdalamPendidikan AgamaIslam? Metodeyangdigunakanpenelitiyaitukepustakaan(literature).Penelitian inidilakukandenganmenggunakanteknikpengumpulandatadengancara mengamatipadasumber-sumbertertentu,mencari,menelaahbuku-buku,artikel ataulainnyakaryaHasanLanggulungdanyangberkaitandenganskripsiini. Pengumpulandatadibagimenjadiduasumberyaitudataprimerdansekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metodedeskriptif dan analisis. Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)Kesehatanmentalmenurut HasanLanggulungadalahkondisimentalyangmengarahkepadakeselamatandan kebahagiaanyangberlakudiduniaini.Karenakebahagianduniahanyalahjalan kearahkebahagiaanakhirat.(2)DiduniapendidikanIslam,implikasikesehatan mental dalamPendidikanAgamaIslam diantaranyaa)Kesehatanmentaldan PendidikanAgamaIslammemilikihubunganyangsangaterat,karenasama-sama untukmembentukkepribadian,tingkahlakudansikapyangbaiksertasehatpada pesertadidik.b)TujuanPendidikanAgamaIslamuntukmenumbuhkandan meningkatkankeimananmelaluipemberiandanpemupukanpengetahuanpeserta didiktentangagamaIslamsehinggamenjadimanusiamuslimyangterus berkembang dalam halkeimanan danketakwaannya.c)Fungsi PendidikanAgama IslamuntukmerealisasikankeinginanajaranIslamyangmembawamisi kesejahteraandankekokohankeberagamaanmanusiasebagaihambaAllahlahir danbatin.d)Kurikulum PendidikanAgamaIslammerupakanalatuntukmencapai tujuanPendidikanAgamaIslam,yangdisusunberdasarkankonsep pengembanganilmupengetahuan,pengalaman,keterampilan,sikapdannilai moralketuhanansehinggakurikulumyangdikembangkandapatmembentuk pribadimuslimyangkuat.e)Materiajarsangatlahpentingkarenadarisitulah ilmu-ilmukeberagamaandiperoleh,penentuanmateriajarharusdidasarkanpada tujuan,baikdarisegicakupan,tingkatkesulitan,maupunorganisasinya.Diantara itusemuaPendidikanAgamaIslaminginmenjadikanpesertadidikmenjadi pribadimuslimyangkuatdalamsegipengetahuandankeagamaan.Yangakan membawapesertadidikkepadakehidupanyanglebihbaik,terhindardarisegala sesuatuyangmengancamkehidupanduniasertadapatbahagiadanselamatdi akhirat kelak.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id | 
| Date Deposited: | 26 Apr 2017 07:35 | 
| Last Modified: | 26 Apr 2017 07:35 | 
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1632 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        