PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA TALKING STICK TERHADAP SISWA KELAS VIII A MTs MA’ARIF NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Diary, Reza Nova (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA TALKING STICK TERHADAP SISWA KELAS VIII A MTs MA’ARIF NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REZA NOVA DIARY_23060180067_T.IPA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Diary, Nova. 2022 Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Menggunakan Media Talking Stick Terhadap Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Talking Stick, Hasil Belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi zat aditif dan zat adiktif pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini, menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada kelas. Langkah-langkah dari PTK yaitu: perencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah soal, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa memiliki hasil belajar pada siklus I siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak ( 16% ) siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak ( 84%) siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 62,4. Pada siklus II siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak (88%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan indikator keberhasilan sebanyak (12%) dengan nilai rata-rata siswa 74,2. Hal Tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar materi zat aditif dan zat adiktif pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu ≥ 85% dari total jumlah siswa dalam satu kelas mendapat ≥ 65.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 22:31
Last Modified: 14 Jul 2023 15:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item View Item