Diary, Reza Nova (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA TALKING STICK TERHADAP SISWA KELAS VIII A MTs MA’ARIF NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
REZA NOVA DIARY_23060180067_T.IPA.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Diary, Nova. 2022 Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Menggunakan Media Talking Stick Terhadap Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Talking Stick, Hasil Belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi zat aditif dan zat adiktif pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini, menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada kelas. Langkah-langkah dari PTK yaitu: perencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah soal, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa memiliki hasil belajar pada siklus I siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak ( 16% ) siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak ( 84%) siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata 62,4. Pada siklus II siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak (88%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan indikator keberhasilan sebanyak (12%) dengan nilai rata-rata siswa 74,2. Hal Tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar materi zat aditif dan zat adiktif pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Nyatnyono Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu ≥ 85% dari total jumlah siswa dalam satu kelas mendapat ≥ 65.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 22:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 15:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17729 |
Actions (login required)
View Item |