EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA N 1 SUSUKAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Hidayat, Nur Rohmat (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA N 1 SUSUKAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Rohmat Hidayat_23070200056.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur Rohmat Hidayat_23070200056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hidayat, Nur, Rohmat. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMA N 1 Susukan. Skripsi, Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembibing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M. Pd. Kata Kunci : Efektivitas; Problem Based Learning (PBL); Lembar Kerja Peserta Didik; Kemampuan Numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X SMA N 1 Susukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Susukan berjumlah 177 siswa terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan kemudian diuji hipotesis menggunakan uji N-gain Score dan uji Mann Whitney Non Parametrik. Uji prasyarat menunjukan bahwa penelitian ini terdapat sampel yang berdistribusi tidak normal namun homogen. Untuk uji hipotesis N-gain score berdasarkan nilai pretest-posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85 pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan nilai rata-rata 0,65 untuk kelas kontrol dengan kriteria sedang. Kemudian untuk uji Mann Whitney Non Parametrik mendapatkan menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yakni 0,000. Dapat diartikan untuk nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05, maka ditolak dan diterima. maka dari hasil uji hipotesis N-gain score dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol serta dari hasil uji Mann Whitney Non Parametrik yang memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,000 dapat ditarik kesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja peserta didik efektif terhadap kemampuan numerasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 21:23
Last Modified: 11 Nov 2024 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22848

Actions (login required)

View Item View Item