Hidayat, Nur Rohmat (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA N 1 SUSUKAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Nur Rohmat Hidayat_23070200056.pdf Download (5MB) |
|
Text
Nur Rohmat Hidayat_23070200056.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hidayat, Nur, Rohmat. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMA N 1 Susukan. Skripsi, Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembibing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M. Pd. Kata Kunci : Efektivitas; Problem Based Learning (PBL); Lembar Kerja Peserta Didik; Kemampuan Numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X SMA N 1 Susukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Susukan berjumlah 177 siswa terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan kemudian diuji hipotesis menggunakan uji N-gain Score dan uji Mann Whitney Non Parametrik. Uji prasyarat menunjukan bahwa penelitian ini terdapat sampel yang berdistribusi tidak normal namun homogen. Untuk uji hipotesis N-gain score berdasarkan nilai pretest-posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85 pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan nilai rata-rata 0,65 untuk kelas kontrol dengan kriteria sedang. Kemudian untuk uji Mann Whitney Non Parametrik mendapatkan menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yakni 0,000. Dapat diartikan untuk nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05, maka ditolak dan diterima. maka dari hasil uji hipotesis N-gain score dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol serta dari hasil uji Mann Whitney Non Parametrik yang memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,000 dapat ditarik kesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja peserta didik efektif terhadap kemampuan numerasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 21:23 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 21:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22848 |
Actions (login required)
View Item |