Handayani, Etik Siti (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAFSIR SAINS DAN KOMPARASI KONSEP CAHAYA DALAM DISIPLIN ILMU FISIKA MODERN DENGAN KONSEP CAHAYA KITAB MISYKAT AL-ANWAR KARYA IMAM AL-GHAZALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ETIK SITI HANDAYANI 23060150036.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep cahaya dalam disiplin ilmu Fisika Modern, untuk mengetahui konsep cahaya dalam kitab Misykat al-Anwarkarya imam Al-Ghazali, untuk mengetahui komparasi konsep cahaya dalam disiplin ilmu Fisika Modern dengan konsep cahaya kitab Misykat al-Anwar karya Imam Al-Ghazali, dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan tafsir sains kitab Misykat al-Anwar karya Imam al-Ghazali. Jenis penelitian ini adalah Literature Review atau Studi Kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang berupa kitab Misykat al-Anwar karya Imam al-Ghazali dan buku Modern Phisichs for Scientists and Engineers KaryaStephen T. Thornton, dan Andrew Rex. Sedangkan, data sekunder berupa jurnal, tesis dan buku-buku pendukung penelitian yang relevan. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa cahaya dalam disiplin ilmu fisika modern merupakan sebuah energi yang memiliki bentuk berupa gelombang elektromagnetik dan paket-paket energi dalam bentuk foton. Terdiri dari cahaya tampak (visible light) dam invisible light (sinar gamma, sinar-x, ultraviolet, infrared,gelombang mikro, gelombang radio) yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan, sedangkan cahaya dalam kitab Misykat al-Anwar karya Imam al-Ghazali cahaya adalah Allah sang ‘cahaya di atas cahaya’ yang energi-Nya Maha Besar. Membimbing, menerangi, dan memberi petunjuk mahkluk dalam berfikir, belajar, dan berilmu. Cahaya Allah memiliki urutan dan berujung pada sumber pertama Allah; al-Quran; Muhammad, para Nabi dan Ulama; Hidayah dan Pengetahuan (al-Ma’rifat). Sehingga didapatkan komparasi dari keduanya mengenai definisi cahaya, sifat cahaya, sumber cahaya, manfaat cahaya, warna, dan dualisme gelombang partikel. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tafsir sains kitab Misykat al-Anwar karya Imam al-Ghazali meliputi nilai keilmuan, nilai aqidah/keimanan yang terdiri dari: iman kepada utusan-utusan Allah; iman kepada kitab-kitab Allah; iman kepada hari kiamat, nilai tauhid, nilai rasa ingin tahu, nilai kepedulian, nilai gemar menulis, nilai gemar membaca, nilai psikomotorik, dan niali akhlak/afektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Biografi dan Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 May 2019 03:25 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5627 |
Actions (login required)
View Item |